Polling Mengembalikan Nama Bahasa Melayu

Penggantian nama bahasa dilakukan oleh Jepang sebagaimana tertera dalam berita Tjahaja, 29 April 1945, haaman 2 (kiri), dan Indonesia Merdeka, 10 Mei 1945, halaman 9 (kanan).

Penggantian nama bahasa dilakukan oleh Jepang sebagaimana tertera dalam berita Tjahaja, 29 April 1945, halaman 2 (kiri), dan Indonesia Merdeka, 10 Mei 1945, halaman 9 (kanan).

Australia tak sebut bahasa Australia. Amerika Serikat juga sama. Semua sebut bahasa Inggris. Pun Kuwait tak katakan bahasa Kuwait. Irak pun sama. Semua nyatakan bahasa Arab. Dan demikianlah dunia menghormati dan menghargai kebudayaan bahasa suatu bangsa. Mengapa bahasa Melayu ditukar namanya menjadi bahasa Indonesia? Mengapa Malaysia, Singapura, Brunei, Thailand, Philipina, Myanmar, Kamboja, Sri Lanka, Papua New Guinea, dan negara-negara atau wilayah-wilayah penutur atau yang mengenal bahasa ini tak turut mengubahnya?

3 thoughts on “Polling Mengembalikan Nama Bahasa Melayu

  1. Indonesia adalah sebuah Negara, bukanlah sebuah bangsa….mari luruskan kembali bahwa bangsa ini berbahasa melayu, karena bangsa ini adalah “Bangsa Melayu”

  2. Gagasan Bahasa Indonesia adalah gasasan menyatukan 700 lebih bahasa di Nusantara atau Kepulauan Melayu yang kebanyakan Serumpun (kita mengenalnya sebagai Austronesia-Malayo Polynesia),menjadi Satu Bahasa yaitu Bahasa Indonesia.

    Gagasan penamaan Bahasa Indonesia oleh Muhammad Yamin adalah agar Bahasa Melayu bisa diterima pula oleh Puak-Puak atau Suku Bangsa-Suku Bangsa rumpun Melanesia,semua ini menunjukan bahwa di Masa Depan,Muhammad Yamin ingin agar Papua Barat menjadi bagian dari NKRI.

    Beliau tidak ingin pengunaan istilah atau nama “Bahasa Melayu”,terlihat mengistimewahkan suatu Puak,suatu Suku Bangsa atau suatu Ras,tapi semua itu kemudian dirusuah,sehingga Akar atau Sejarah Bahasa Indonesia yang adalah Bahasa Melayu Riau-Johor yang Diperkaya Dikaburkan.

    Yang kini lebih penting untuk dilakukan adalah menjelaskan kepada orang-orang yang Tuna Sejarah tentang Akar dan Sejarah Bahasa Melayu Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s