Keberlakuan Hukum dan Sang Penerus

Adatrecht, 1918. Sumber: www.indonesiahistory.info.

Adatrecht, 1918. Sumber: http://www.indonesiahistory.info

Peta keberlakuan hukum di Kepulauan Melayu atau Kepulauan India Timur atau Kepulauan India Belakang atau Kepulauan India Belanda pada 1918.

Biru adalah wilayah Belanda yang berhukumkan Belanda (Wetboek van Strafrecht voor Nederlandsch Indies).

Hijau adalah wilayah bumiputera yang punya hukum sendiri.

Kuning adalah wilayah Belanda namun menggunakan hukumnya sendiri.

Yang disebut Java en buitengewesten atau ‘Jawa dan Luar Jawa’, istilah yang kelak justru kerap digunakan pemikir-pemikir “Belanda hitam”, adalah yang berwarna biru. Yang hijau dan kuning bukanlah apa yang disebut “luar Jawa”. Belanda menyebutnya hukum adat (adatrecht). Pada bagian yang Belanda sebut dengan hukum adat inilah termasuk konstitusi Meukuta Alam (Aceh Darussalam), konstitusi al-Qawa’id (Siak Sri Inderapura), dan seterusnya. Entahlah jika yang berdaulat ini, yang berwarna hijau atau kuning, diidentifikasi sebagai wilayah yang sudah mengkodifikasi konstitusinya atau belum.

Hari ini, Wetboek van Strafrecht voor Nederlandsch Indies atau KUHP itu telah meluaskan dirinya. Aturan main dari Belanda itu telah ditimpakan pada masyarakat-masyarakat yang tadinya berdaulat. Ia aturan main yang datang bukan dari masyarakat itu sendiri, tetapi jatuh dari atas atau dilesakkan dari samping. Membingungkan dan mengesalkan menjadi niscaya.

Di masanya, dari peta dan data-data yang ada, Belanda menghormati satuan-satuan bumiputera atau adat. Tapi siapakah ia yang menggunakan hukum Belanda untuk kemudian meneruskan dan meluaskannya pada wilayah-wilayah yang tadinya berdaulat? Siapakah ia yang memberi persyaratan untuk hadirnya hukum bumiputera atau adat di luar hukum Belanda itu?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s