Soal Representatif dan yang Tak Sepadan

‘Representative’ berkata dasar ‘present’. Secara leksikal, ia bermakna ‘hadir’. Dengan begitu, ‘representative’ bermakna ‘ia yang hadir kembali’. Makna pada ‘representative’ ini dengan sendirinya mengandung syarat bahwa ‘yang hadir kembali’ itu haruslah memiliki identifikasi yang serupa dengan yang ‘present’.

‘Wakil’ tak sepenuhnya sepadan dengan‘representative’. Maknanya hanyalah ‘pengganti’; tak mengandung syarat harus identik dengan yang digantikannya. Jika ‘wakil’ sepadan dengan ‘representative’, jabatan wakil presiden bisa disebut ‘president representative’. Namun, siapalah yang menggunakan itu? Bahasa Inggris menggunakan ‘vice’.

“Halo, saya representatif dari Bank A”. Dia yang mengucapkan itu tentu tak mungkin berasal dari Bank B. Dia harus miliki identifikasi/asal yang mutlak serupa dengan Bank A.

Istilah ‘representative’, singkat cerita, lalu hadir di tanah lain dan mengalami gegarnya sendiri. Sebut saja pada DPR pusat. Lembaga yang berhulukan House of Representative ini mayoritas justru bukan bagian dari penduduk yang dipresentasikannya.

Gegar atas problem ‘representasi’ ini pun melanda hajat macam putri-putri/miss-miss Indonesia. Entah orang mana mereka, tapi mewakili negeri mana entah. Pun asumsi terhadap kongres anak-anak sekolah di tahun 1928 yang disohorkan itu.

Barangkali, kata ‘representative’ itu memang tak ada padanannya dalam bahasa Melayu, sehingga ia tak tergambar dalam pikiran.

Jadi, kau, yang bukan bagian dari kami, tak memiliki syarat identik dengan kami, mau merepresentasikan kami? Bolehlah. Tapi, kau punya uang berapa?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s