Batik, Simbol Diskriminasi

“Kau dan aku berbeda. Tapi apakah kau dan aku memiliki peluang tumbuh yang sama?”

Persoalan perbedaan kebudayaan, dalam perspektif saya, sejatinya sudah selesai. Kau dan aku berbeda. Ini pikiran yang tak lagi bisa dibantah. Kau rambut coklat, aku rambut hitam. Kau rambut lurus, aku rambut keriting. Kau kulit putih, aku kulit coklat. Kau anak anu, aku anak inu. Kau di sana, aku di sini. Kau bicara a i u, aku bicara a e o. Kau berlogat dag dig dug, aku berlogat dung dung dung.

Tapi persoalan tak berhenti di sini. Setelah terang bahwa kau dan aku berbeda, persoalan berikutnya adalah, apakah kau dan aku punya peluang yang sama untuk tumbuh?

Di sinilah batik dapat dijadikan simbol atas diskriminasi. Apa pasal?

Batik berbeda dengan Ulos, dengan baju Bodo, dengan baju koko, dengan teluk belanga, dengan lipa’ sabbe, dan seterusnya. Tapi, kenapa batik dapat keluar dari ruang kulturalnya dan yang lain tidak?

Kemampuan batik keluar dari ruang kulturalnya dipicu karena adanya mesin kekuasaan. Negara Indonesia, yang berdiri di atas banyak identitas, sudah mengeluarkan himbauan untuk menggunakan hanya salah satu identitas yang ada di dalamnya, yakni batik. Perintah di banyak instansi negeri, bahkan swasta, agar keraninya menggunakan batik adalah contoh lain dari sedang bekerjanya cultural engineering. Bahkan di Candi Borobudur, yang dibangun oleh Sriwijaya, para pengunjung sudah diwajibkan mengenakan batik.

Bagaimana dengan tembe lombo? Sasampiang? Atau koteka? Ya, mereka tak memiliki peluang yang sama dengan batik. Mereka tak memiliki kemampuan untuk keluar dari ruang kulturalnya. Tidak ada mesin kebudayaan yang menggerakkan sebagaimana batik yang dikatrol kekuasaan.

Kau dan aku berbeda. Ya. Tapi, apakah kau dan aku punya peluang yang sama untuk tumbuh?

Leave a Reply

