Ani Sekarningsih 2

Wien,
SABDA DARI PERSEMAIAN kujagokan untuk dipertimbangkan untuk mendapat penghargaan tinggi sebagai karya sastra
Indonesia tahun mendatang. Gila! 22 tahun sudah bisa bikin novel serius! Tatkala Indonesia ramai-ramai mabuk dengan urusan kekuasaan, dengan suasana politik yang bikin gerah, Iqbal melantunkan pentingnya orang menjadi nalar.

Yaaahhhh…Apa bedanya orang yang mabuk dengan kekuasaan, duit, mobil yaguar, klenik dan gemuruhnya politik dibanding orang-orang yang mengisap ganja, atau teler oleh narkoba? Iqbal dengan manisnya memperkenalkan rekaman gambar kemalasan membaca dan kebobrokan para pengajar di universitas, yang selama ini tak terdengar gaungnya. Lalu Iqbal memperkenalkan secara populer pemikir-pemikir Yunani dan Eropah pada umumnya. Jelas Iqbal mencubiti kita semua, supaya mulai sadar dan bangkit. Betapa kita terlena dalam mimpi-mimpi kosong, dan berandai-andai. Kita harus prihatin dengan moral para dosen perguruan tinggi yang terbawa arus konsumtif. Kita prihatin dengan mutu pendidikan di Indonesia yang kalah dengan Vietnam.

Anak kecil ini mengajari yang tua-tua betapa pentingnya penalaran itu. Betapa pentingnya membaca. Betapa pentingnya pengetahuan untuk membangun bangsa dengan penalaran yang kuat. Betapa pentingnya berkesenian dan sastra untuk menjadikan bangsa ini menjadi bangsa yang kuat, pemikir, dan kerja keras. Hanya orang-orang yang bernalar, yang bekerja keras yang bisa memutuskan kebijaksanaan bagi kepentingan orang banyak dan menjamin kesejahteraan pendidikan.

Iqbal kamu benar-benar akan menjadi orang besar! Ups!🙂

Salam sastra,

Sekarningsih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s